Minggu, 19 Mei 2013

CARA MELIHAT TYPE MOTHERBOARD

Gak terasa lama sekali ga update blog, kali ini ane mau sharing gimana cara ngeliat tipe mother board melalui windows default program maupun dengan cara console atau command prompt.
Bagi para teknisi komputer mengetahui tipe motherboard merupakan hal mutlak yang harus diketahui, krn tiap kali install ulang tentu butuh driver buat optimalkan hardware pada motherboard. Untuk CPU yang telah dilengkapi dengan CD Driver mkn hal ini tidak terlalu masalah, tapi bagaimana jika kmputer lama yg agak jadul yg CD Drivernya tentu telah raip entah kemana  :).
langsung aja sob, ada 2 cara untuk mengetahui type dari subuah mother board:

  • Dengan cara ketikkan dxdiag pada console run pada win XP, ato ketik dxdiag disearch textbox pada win7 maka akan muncul tipe motherboard agan. (lihat text yang dilingkari)


    •  Cara yng kedua adalah melalui command prompt, buka console dengan ketikkan cmd pada run ato ketik cmd pada search textbox pada win7, maka cendela command prompt muncul lalu ketikkan: wmic(akn ada proses intall wmic) => jika selesai patch directory akn berubah menjadi wmic:root\cli> kemudian ketikkan baseboard (wmic:root\cli>baseboard)nah disitu akan muncul semua informasi ttg mainboard kamu tinggal geser kanan kiri aj. berikut penampakannya:

    Semoga bermanfaat :)

    7 komentar:

    1. kalau cara nya menghidupkan lagi mainboard yang mati bagaimana pak ustad ?

      BalasHapus
      Balasan
      1. weleh,.. ya diliat dulu gan kerusakannya apa? nek mbulet lan njlimet LEMBIRU aza..
        :)

        Hapus
    2. makasih banyak Gan...yg CMD mujarab pisan

      BalasHapus
    3. Ada nggak ya driver yang bisa untuk banyak type mainboard.satu untuksemua mksudnya.klau ada boleh saya tahu bisa di download dimana.
      Thank
      kuntadiprihatmana@gmail.com;

      BalasHapus
    4. coba pake driverpack gan download ada 4 GB ^^

      BalasHapus